Jumat, 17 Agustus 2012

Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart

Apakah anda tahu siapakah Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart ?

Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart adalah nama asli dari komponis dunia yang biasa di sapa Mozart.

Komponis yang meninggal pada usia terbilang cukup muda, yaitu 35 tahun. Mozart atau Wolfgang Amadeus Mozart lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 dan wafat di Wina, Austria 5 Desember 1791. 

ini adalah wajag Bapak Mozart pada usia 21 tahun

Beliau menciptakan kurang lebih 700 lagu termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik piano, musik simfoni, musik kamar, musik opera, dan musik padus (paduan suara).

Meskipun demikian ternyata jalan kehidupan Mozart tidak mulus.

Akhir Hayat Mozart

Mozart mementaskan operanya, Die Zauberflote ("Seruling Ajaib"). Opera ini sukses besar, libretto-nya ditulis olehEmanuel Schikaneder (1751-1812). Setelah opera ini selesai, Mozart mendapat pesanan dari Pangeran Franz von Walsegg untuk membuat sebuah Requiem yang bermaksud menjadikan komposisi tersebut sebagai karyanya untuk mengenang istrinya yang telah meninggal. Mozart tak sempat menyelesaikan karya besar ini lalu diteruskan oleh muridnya, Franz Xaver Süssmayr. Menurut beberapa sumber, Mozart tak sanggup menyanyikan bagian Lacrimosa saat sedang memainkan lagu ini dengan teman-temannya. Dari musiknya yang kelam, Franz Beyer mengomentari, dalam album Requiem ‘Aku bisa mendengar suara Mozart, yang berbicara untuk kepentingannya sendiri, dengan keadaan yang mendesak, seperti anak kecil yang sakit dan melihat ibunya dengan penuh harapan dan ketakutan akan perpisahan. Mozart juga mengalami takut akan kematian. Pada tanggal 5 Desember 1791, Mozart meninggal, jam satu pagi.
Sebab-musabab Mozart meninggal tak pernah tercatat dengan jelas. Para musikolog membuat beberapa dugaan kemungkinan kenapa kuburan Mozart tak diketahui letaknya.
  1. Mozart diracuni Salieri yang merupakan saingannya. Ada jurnal di Eropa yang mengatakan Salieri mengakuinya sebelum ia meninggal di tempat tidurnya (1825), walau ada cerita lain yang menentang hal ini.
  2. Pada pemakaman Mozart terdapat badai salju sehingga keluarganya tak bisa mengikuti pemakaman. Cerita ini dibantah oleh catatan cuaca Wina.
  3. Tubuh Mozart dipindahkan ke tempat lain karena keluarganya tak membayar ongkos penguburan.

untuk lebih jelasnya see : http://id.wikipedia.org/wiki/Mozart

Tidak ada komentar:

Posting Komentar